Friday 27 June 2014

Almost Raja Ampat


Meski sudah menginjakan kaki di Manokwari dan Sorong, saya masih belum menginjakan kaki di Raja Ampat.  Sebenarnya bisa saja saya menyempatkan ke Wasai, Ibu Kota Raja Ampat.   Tetapi pastinya juga tidak akan lengkap jikalau mengunjungi Raja Ampat tidak mengitari kepulauan Raja Ampat atau minimal pergi ke Pulau Wayag dan Misol.  Dan ketika berbicara mengenai mengitari pulau-pulau di raja ampat, artinya harus memiliki persiapan uang puluhan juta.   Jika bepergian dengan grup, biaya bisa dibagi, sehingga menjadi cukup terjangkau, tetapi jika bepergian sendiri? 

Meskipun demikian, saya cukup terhibur dengan sebuah pemandangan yang menurut saya mirip dengan gambaran mengenai kepulauan raja ampat yang sering saya lihat di majalah dan TV.  Pemandangan Sarawandori dilihat dari atas pesawat sangat mempesona, saya tak pernah bosan memandang dan membidikan kamera untuk mengabadikannya. 

Pemandangan ini bisa disaksikan dari atas pesawat dari Biak ke Serui atau dari Serui ke Biak.  Hanya saja terkadang pesawat mengambil rute berbeda sehingga pemandangan ini terlewat.  Atau terkadang hutan dan kabut, sehingga Sarawondari tertutup oleh awan.  
Dibeberapa kesempatan terpisah, saya juga menelusuri keindahan Sarawandori, Sarawandori juga memiliki pantai pasir putih dan karang meski hanya sedikit.  Dari sudut manapun, Sarawandori selalu terlihat memukau.

Foto Sarawandori ini saya ambil dari dua perjalanan terpisah yaitu di Oktober 2012 dan Februari 2013.  Dan meski terlihat sama, saya menyimpan banyak foto Sarawandori dari puluhan kali perjalanan Serui-Biak-Serui, bagi saya selalu ada hal berbeda dan kecantikannya tidak pernah sama.  
Pemandangan Sarawandori memang sedikit menghibur, namun saya masih memendam hasrat berkunjung ke Raja Ampat, semoga suatu saat terwujud.









No comments:

Post a Comment