Monday 7 July 2014

Papua dan Sepak Bola

Sepak Bola sudah menjadi darah daging orang Papua.  Hampir semua orang Papua menyukai bola, tidak hanya menjadi penonton tetapi juga ikut bermain.  Sepak bola dirayakan oleh tua-muda, laki-laki dan perempuan, di perkotaan maupun di pedalaman.  Tidak memiliki sepatu tidak menjadi halangan bermain, bahkan tidak memiliki lapangan juga tidak menyurutkan semangat anak muda Papua dalam bermain bola. 

Dari sebuah pulau kecil yang tidak tanah lapang dapat menghasilkan pemain bola superstar seperti Imanuel Wanggai dan Patrick Wanggai.  Mereka berdua berasal dari pulau Ambai.  Masyarakat di pulau Ambai tinggal di rumah panggung diatas air laut, hampir semua penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, tidak ada daratan atau lapangan untuk bermain.   Tetapi orang selalu menemukan cara.  Mereka menunggu saat pasang surut.  Ketika air laut menyusut maka daratan menyembul.  Daratan itu terdiri dari daerah terumbu karang dan sedikit daerah berpasir putih.  Di pasir putih yang timbul itulah anak-anak Papua pantai menuntaskan hobi bolanya. 

Banyak anak muda Papua mengikuti gaya rambut pemain bola Internasional.  Untuk Rambut, mereka sangat kreatif, dan sering kreatifitas tersebut hanya dikerjakan di rumah bukan di salon.  Hanya bermodalkan pisau silet, pisau cukur, gunting, dan pewarna rambut, lahirlah model rambut kelas internasional yang sangat gaya.  Melakukan perjalanan di Papua tidak akan pernah terasa bosan, karena selalu ada hal menarik dan unik untuk dilihat.  Kejeniusan anak muda dalam menata rambutnya patut dipuji, meski dengan peralatan sederhana tetapi hasilnya keeren luar biasa.  

Di Papua, orang mensyukuri sedikit yang mereka punya, mereka hidup sederhana, dan mereka tidak membutuhkan banyak untuk bahagia.   Tidak perlu baju atau sepatu bola bagus bermerek, bahkan tak jarang mereka tidak mengenakan keduanya, tetapi mereka bermain dengan hati, dengan kecintaan dan rasa senang, mereka bermain dengan sepenuh jiwa, yang mungkin itulah kunci dari semua prestasi yang mereka raih.
Dibawah adalah beberapa foto anak kecil dan anak muda yang tengah bermain bola atau bergaya rambut pemain bola yang saya jumpai di beberapa perjalanan saya selama di Papua.  Semua foto saya ambil di pulau Yapen, Papua. 



No comments:

Post a Comment