Sunday 1 June 2014

Binatang Lucu dan Imut



Semenjak mengenal Kuskus, saya jatuh hati dan tergila-gila padanya.  Dua tahun tinggal di Papua, saya gunakan untuk mengenal Kuskus lebih jauh dan mencari kesempatan untuk bermain bersama. 

Kuskus merah dan hitam atau abu-abu sudah saya jumpai.  Tetapi saya masih belum bertemu dengan kuskus berwarna putih.   Menurut teman-teman Papua, Kuskus putih adalah jenis kuskus yang paling cantik.  Bulu tebal berwarna putih dan bibir tipis berwarna merah, membuat siapapun tergoda untuk mengendong dan mengelusnya.
Tepat disaat saya akan meninggalkan Papua, keberadaan mengenai Kuskus Putih terlacak.  Seorang kenalan saya menelfon.  Ia menginformasikan kalau ada satu ekor Kuskus Putih yang dipelihara oleh salah satu warga di sebuah kampung di pinggiran kota Serui. Saya segera melaju kesana.

Saya mendapati Kuskus putih imut meringkuk didalam kandang.  Dia terkurung, dan dia tidak senang.  Kuskus putih ini baru ditangkap dari hutan belantara, jadi masih cukup agresif.  Pemilik Kuskus sangat ramah. Ia memboleh saya untuk membuka kandang kuskus dan menyentuhnya.  Sensasi rasa senang melihat kuskus mirip dengan rasa senang ketika melihat pantai indah atau pemandangan alam spektakuler lainnya.  Rasa senang yang menggoda saya untuk mengambil resiko.

Dengan perlahan saya mengeluarkan Kuskus dari kandang.  Kuskus merasa tidak nyaman, kukunya yang tajam dia tancapkan di papan lantai kandang.  Anak dari pemilik Kuskus datang mendekat, dengan sentakan keras Ia menarik ekor Kuskus.  Saya menjadi tidak tega, dan merasa menjadi manusia yang paling egois.   Disaat saya sudah meminta pemilik kuskus agarkembali menutup kandang, Kuskus melunak.  Ia melepaskan cengkramannya.  Pemilik kandang menariknya keluar, dan tak lama kemudian Kuskus dengan wajah imutnya duduk santai di pangkuan saya.   

Kuskus tersebut tidak akan bertahan lama, ketika berat kuskus sudah bertambah dan kuskus menjadi lebih besar, pemilik akan memasaknya. Daging kuskus adalah salah satu jenis daging yang digemari oleh masyarakat Papua.  Kuskus termasuk hewan berkantong.  Kuskus menyimpan anak di kantong.  Ketika pemburu menembak ibu Kuskus, Ibu akan terjatuh bersama dengan anak yang ada di dalam kantong.  Ibu Kuskus yang terluka karena senapan angin segera dimasak, sedangkan bayi atau anak kuskus yang masih kecil akan dipelihara. 
Puas bermain dengan kuskus, sayapun melangkah pulang seiring dengan matahari tenggelam. 

April 2014.



 



No comments:

Post a Comment